Menurut riset, kepercayaan dan kenyamanan pada e-commerce itu ditunjukkan dengan jumlah rata-rata transaksi per bulan dari kuartal pertama menuju kuartal terakhir 2019. Bahkan, pada Desember 2019, jumlah transaksi lebih besar 22 persne daripada rata-rata jumlah transaksi bulanan.
Kepercayaan dan kenyamanan konsumen terhadap e-commerce ternyata semakin meningkat. Pernyataan itu merupakan hasil riset terbaru Kredivo dan Katadata Insight Center yang bertajuk 'Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia'.
Menurut riset, kepercayaan dan kenyamanan pada e-commerce itu ditunjukkan dengan jumlah rata-rata transaksi per bulan dari kuartal pertama menuju kuartal terakhir 2019. Bahkan, pada Desember 2019, jumlah transaksi lebih besar 22 persne daripada rata-rata jumlah transaksi bulanan.
Sebagai informasi, riset ini menggunakan studi kasus Kredivo sebagai platform kredit digital yang dipakai sebagai salah satu metode pembayaran di hampir semua platform belanja online. Adapun data primer sampel transaksi ini diambil dari enam pemain e-commerce terbesar di Indonesia.
Lebih lanjut Lily menuturkan, tren positif mengenai kepercayaan konsumen pada belanja online juga berlanjut pada semester pertama 2020. Data internal Kredivo mencatat peningkatan frekuensi pembelian di e-commerce terus berlanjut, terutama pada barang kebutuhan pokok.
Kondisi tersebut, menurut Lily, menandakan masyarakat tetap percaya pada transaksi online meski di tengah situasi menantang seperti saat ini.
Riset ini juga menemukan potensi pertumbuhan e-commerce di luar Jawa cukup baik, meski jumlah dan nilai transaksi belanja online Indonesia masih terpusat di Jawa.
0 comments:
Post a Comment